Thursday, May 16, 2013

e-Bay Seller Protection dan Penipuan di e-Bay


Masalah utama dalam jual beli online adalah penipuan online. Penipuan online yang sering terjadi di eBay adalah :

 
1. Pembeli yang mau membayar lebih
Pada saat kita menjual sebuah barang, terkadang ada seorang pembeli yang menawarkan untuk membayar lebih dari jumlah uang yang telah kita sepakati. Penipuan jenis ini, sering kali berhasil mengecoh penjual, dan berakhir dengan kerugian bagi penjual. Untuk mengatasi hal ini, penjual yang menjual barangnya di e-Bay, sebaiknya tidak mengirimkan barang ketika uang yang dijanjikkan belum dikirimkan oleh pembeli.
2. "Ayo kita selesaikan ditempat lain"
Penipuan berkedok penyelesaian proses diluar eBay, ditujukan agar sang penipu dapat melakukan penipuan dengan lebih mudah. Karena ketika proses berlangsung dalam eBay, penjual dan pembeli harus mengirimkan bukti transaksi, sehingga penipuan bisa dilacak. Oleh karena itu untuk menghindari penipuan jenis ini, kita hanya boleh melakukan transaksi dalam eBay tanpa membawanya keluar.
3. Penipuan menggunakan barang rusak untuk mendapatkan uang kembali.
Penipuan jenis ini, semua transaksi terjadi sesuai dengan peraturan yang ada di eBay. Ketika barang yang dijual telah sampai di tangan pembeli. Pembeli akan mengirimkan tanda ketidakpuasan ke penjual bahwa barang yang dikirimkan rusak, padahal sebenarnya barang yang dikirimkan bagus dan sesuai dengan yang diperlihatkan. Penipuan ini menggunakan barang lain yang memang telah rusak, untuk mendapatkan uang kembali. Penipuan ini sangat sulit untuk dicegah, satu-satunya cara adalah menuliskan bahwa tidak akan ada uang kembali untuk barang yang kita jual.
4. Melarikan uang pembeli
Penipuan ini sering terjadi untuk penjualan mobil dan perumahan, karena barang-barang ini tidak dilindungi lewat eBay seller Protection. Cara untuk menghindarinya adalah hindari membeli barang jenis ini di eBay, dan cari halaman yang lebih terpercaya untuk hal.
5. Penipuan Email
Penipu mengirimkan email palsu yang mengharuskan penerima email masuk kedalam link eBay palsu yang nantinya korban akan memasukkan id dan pass ebay mereka. Dengan mendapatkan dua data ini, maka penipu akan mendapatkan semua data tenatang pemilik ID tersebut. Untuk mencegah hal ini, jangan pernah masuk ke halaman apapun menggunakan link email yang diberikan dalam sebuah mail, namun selalu masukkan alamat yang ingin kita masuki sendiri.

Seperti yang dapat dilihat pada gambar ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penipuan tersebut yaitu :
·                     Berkomunikasi secara proaktif dengan pembeli Anda sepanjang transaksi.
·                     Pemesanan item dalam waktu 7 hari dari waktu penanganan tercantum       pada daftar Anda. Untuk pre-order atau made-to-order,       pesanan dalam             jadwal dinyatakan sesuai list anda.
·                     Gunakan metode pengiriman yang memberikan informasi pelacakan dan     atau konfirmasi pengiriman ke alamat yang valid dalam rincian transaksi      PayPal atau perintah eBay halaman rincian.
·                     Konfirmasi Signature diperlukan untuk transaksi lebih dari $ 250.
·                     Mempertahankan dokumentasi pengiriman Anda
·                     Menanggapi proses penyelesaian eBay pada waktu yang tepat.
              Penjual yang memenuhi syarat untuk menerima eBay Seller Protection adalah  :
1.      Melakukan transaksi dalam eBay U.S
2.      Membayar menggunakan eBay checkout process.
3.      Membeli barang-barang yang termasuk dalam cakupan eBay seller Protection.
4.      Melakukan pembayaran paling lambat 45 hari setelah claim.
              Ada kondisi dimana barang-barang yang telah dijual tidak tercover oleh hal ini yaitu :
1.       eBay tidak akan membayar balik hanya karena pembeli tidak merasa puas dengan produk yang diberikan.
2.       eBay tidak akan memabayar kembali untuk barang bekas, walaupun  bermerek.

No comments:

Post a Comment

fill it with what you want, but please not be anarky and vulgar....